Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal matematika PISA berdasarkan level kemampuan literasi matematika pada peserta didik SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan melibatkan 52 peserta didik kelas IX A dan IX B, kemudian dipilih 8 peserta didik sebagai subjek. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan literasi matematika yang diadaptasi dari PISA dan pedoman wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator proses literasi matematika (formulate, employ, interpret). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 level kemampuan literasi matematika tidak ada peserta didik yang mencapai level 5 dan 6. Pada level 1 mampu merumuskan informasi eksplisit dan menyelesaikan soal dengan algoritma sederhana, level 2 dapat mengidentifikasi informasi implisit serta memilih strategi dasar untuk memecahkan masalah, level 3 mampu mengolah informasi eksplisit kompleks yang mengandung pengecoh dan menyusun strategi berurutan untuk pengambilan keputusan, sedangkan Level 4 bisa merumuskan informasi eksplisit dalam konteks kehidupan sehari-hari serta menerapkan strategi untuk situasi konkret yang kompleks. Peserta didik level 1-4 juga memiliki kemampuan menafsirkan dan menyimpulkan hasil sesuai konteks permasalahan.
Copyrights © 2025