Jurnal Historica
Vol. 9 No. 1 (2025): June 2025

THE EFFECT OF BLENDED LEARNING USING GOOGLE CLASSROOM ON STUDENT’S LEARNING ACHIEVEMENT IN HISTORY SUBJECTS

Pajarwati, Unik (Unknown)
Nurul Umamah (Unknown)
Sumardi (Unknown)
Anis Syatul Hilmiah (Unknown)
Fachri Zulfikar (Unknown)
Fernanda Prasky Hartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini memverifikasi penggunaan model Blended Learning menggunakan Google Classroom terhadap hasil belajar mata Pelajaran Sejarah di SMAN 1 Muncar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi exsperimental pretest posttest nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji ANCOVA berbantuan softwere SPSS 25 for windows. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model Blended learning ini secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik (sig 0,000 dan 0,001). Besaran pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar menunjukkan nilai sebesar 0,078 artinya pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar termasuk dalam kategori sedang. Nilai rata-rata kelas control yang diterapkan model cooperative learning adalah 80,315. Sedangkan kelas eksperimen menggunakan model blended learning memiliki rata-rata 89,710. Maka dapat disimpulkan bahwa model blended learning mrnggunakan google classroom lebih berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik mata Pelajaran Sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JHIS

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Historica is an online open-access journal that publishes articles in the field of social science, history, culture, education & Arts. It is a journal to encourage research publication to research scholars, academicians, professionals and students engaged in their respective field. The ...