Journal of Social And Economics Research
Vol 7 No 1 (2025): JSER, June 2025

EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI MTsN 10 PADANG PARIAMAN

Nofriadi, Nofriadi (Unknown)
Zulfahmi, Zulfahmi (Unknown)
Ramadhani, Ramadhani (Unknown)
Ismai, Ismai (Unknown)
Aldi Saputra (Unknown)
Julhadi, Julhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah 10 Padang Pariaman serta evaluasi terhadap faktor-faktor yang menyebabkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala sekolah serta observasi di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan utama dalam pembelajaran PAI disebabkan oleh kurangnya sarana dan prasarana pendidikan seperti buku bacaan dan media pembelajaran lainnya, yang berpengaruh pada rendahnya minat belajar siswa. Selain itu, minimnya variasi metode pengajaran guru menjadi faktor lain yang menyebabkan kurangnya motivasi siswa. Pembelajaran yang lebih berorientasi kognitif menyebabkan siswa hanya memahami agama secara teoritis tanpa implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan ini, guru menerapkan strategi pemberian motivasi dan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi serta memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan semangat belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...