Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 3 (2025): Volume 6 No 3 Tahun 2025

EDUKASI BRANDING PRODUK LOKAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BERKELANJUTAN BAGI UMKM

Aslichah, Aslichah (Unknown)
Asir, Muhammad (Unknown)
Herdiyanti, Herdiyanti (Unknown)
Prayana, I Kadek Wira Dharma (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Branding merupakan bagian penting dari strategi pemasaran yang berkelanjutan. Branding tidak hanya menyangkut logo dan kemasan, tetapi mencakup nilai-nilai dan identitas yang ingin dikomunikasikan kepada konsumen. Tujuan melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat untuk mengedukasi branding produk lokal sebagai strategi pemasaran berkelanjutan bagi UMKM. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kajian pustaka (library research), yaitu metode pengumpulan data dan informasi yang dilakukan melalui penelusuran terhadap berbagai sumber literatur yang relevan dengan topik edukasi branding. Berdasarkan hasil kajian literatur yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa edukasi branding terhadap produk lokal memiliki peran yang signifikan dalam mendukung strategi pemasaran berkelanjutan bagi UMKM. Branding yang kuat mampu meningkatkan daya saing produk lokal melalui penciptaan identitas merek yang konsisten, citra positif di mata konsumen, serta loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...