Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi Quizizz sebagai media asesmen digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Muhammadiyah 1 Taman, serta mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya dari perspektif siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, angket respon siswa, dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran, seperti meningkatnya antusiasme, rasa percaya diri, dan kenyamanan siswa dalam mengerjakan soal. Mayoritas siswa menyatakan lebih menikmati asesmen berbasis digital dibandingkan metode konvensional. Selain itu, fitur gamifikasi dan penilaian instan turut mendorong motivasi belajar yang lebih tinggi. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah memberikan alternatif strategi asesmen digital yang lebih efektif, menyenangkan, dan relevan dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan dasar. Penelitian ini juga mendukung transformasi pembelajaran berbasis teknologi sebagai bagian dari implementasi di dunia pendidikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025