Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Analisis Penerapan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Asesmen Digital Pembelajaran IPAS di SD Muhammadiyah 1 Taman

Darma, Achmad Yahya Adi (Unknown)
Faizi, Moh. Nur (Unknown)
Sayyaf, Muhammad (Unknown)
Yulianto, Muhammad Zanuar Tri (Unknown)
Cahyani, Ridha Rahmah (Unknown)
Ananda, Natasya Ayu Datis (Unknown)
Zahra, Haya (Unknown)
Rahmawati, Ika Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi Quizizz sebagai media asesmen digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Muhammadiyah 1 Taman, serta mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya dari perspektif siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, angket respon siswa, dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran, seperti meningkatnya antusiasme, rasa percaya diri, dan kenyamanan siswa dalam mengerjakan soal. Mayoritas siswa menyatakan lebih menikmati asesmen berbasis digital dibandingkan metode konvensional. Selain itu, fitur gamifikasi dan penilaian instan turut mendorong motivasi belajar yang lebih tinggi. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah memberikan alternatif strategi asesmen digital yang lebih efektif, menyenangkan, dan relevan dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan dasar. Penelitian ini juga mendukung transformasi pembelajaran berbasis teknologi sebagai bagian dari implementasi di dunia pendidikan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...