Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi)

Pengembangan Video Animasi Berbasis Digital "PATASNA" mengenai Empat Asmaul Husna pada Pembelajaran PAI Kelas 6 SD

Hadi Karmila, Shintyasari (Unknown)
Febriyanti, Vina (Unknown)
Nayla Febriana, Naya (Unknown)
Nur Aeni, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah tempat penelitian ini masih tetap didominasi oleh metode ceramah yang dirasa kurang menarik bagi para siswa sehingga berdampak pada rendahnya daya ingat mereka terhadap materi serta pemahaman tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah video animasi digital “PATASNA”. Video ini berfungsi sebagai media pembelajaran mengenai Empat Asmaul Husna bagi siswa kelas 6 SD. Metode yang digunakan adalah D&D (Design and Development) dengan melalui penerapan model pengembangan ADDIE. Validitas dari produk tersebut diuji oleh dua orang ahli. Hasilnya sangat layak, dengan validator ahli materi memperoleh 97,5% dan ahli media memperoleh 91,25%. Implementasi selanjutnya dilakukan melalui uji coba terhadap respon sejumlah siswa kelas 6 SD sebanyak 21 orang dengan hasil 85,1% yang dikriteriakan sangat layak untuk diimplementasikan sebab media ini menunjukkan lebih menarik dibandingkan metode ceramah. Evaluasi mengonfirmasi validitas serta kelayakan video animasi sebagai suatu produk yang sesuai digunakan di sekolah dasar. Kelayakan serta efektivitas video animasi “PATASNA” sebagai media pembelajaran di sekolah dasar dengan demikian benar-benar sangatlah terbukti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalpetisi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Taknologi Informasi. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau ...