Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android non-code sebagai media pembelajaran yang membantu siswa memahami potensi diri berdasarkan teori Multiple Intelligences dari Howard Gardner. Aplikasi dikembangkan menggunakan platform Thunkable dengan desain antarmuka yang sederhana, menarik, dan mudah digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah RND dengan model 4D (define, design, develop, disseminate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penilaian ini meliputi angket validitas media dan angket praktikalitas dengan sampel yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penilaian dari para validator media, ahli aplikasi I memberikan skor rata-rata sebesar 98,57%, sedangkan ahli aplikasi II memberikan skor sebesar 92,86%. Kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid. Setelah dinyatakan valid dan layak, media ini diuji cobakan kepada 30 siswa yang mayoritas berasal dari jenjang SMP, SMA, dan SMK. Hasil uji coba menunjukkan skor rata-rata sebesar 92,8% dengan kategori sangat praktis, sehingga aplikasi Multiple Intelligences dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar sekaligus media edukatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025