Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk dan media pembelajaran DIKAYA (Diorama Kekyaan Budaya Indonesia) Kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Sumber data primer dalam penelitian yaitu guru, siswa, dan validator. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu buku dan artikel serta penelitian terdahulu yang mendukung. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara dan lembar angket validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media, serta angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif dari saran dan komentar sedangkan secara kuantitatif diperoleh dari skor validitas dan praktikalitas guru dan siswa. Validitas media cetak DIKAYA (Diorama Kekayaan Budaya Indonesia) berbantu aplikasi canva memperoleh kategori sangat valid tanpa revisi ditinjau berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Pada aspek materi memperoleh presentase 92,6% dengan kategori sangat valid, aspek bahasa memperoleh presentase 94,25% dengan kategori sangat valid, dan aspek media memperoleh presentase 90,2% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas guru dan siswa mengenai media cetak DIKAYA berbantu aplikasi canva memperoleh nilai rata-rata 92,68% dengan kategori sangat baik.
Copyrights © 2025