Education Achievement: Journal of Science and Research
Volume 6 Issue 2 July 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK Negeri 1 Waibakul

Habati, Ina Rambu (Unknown)
Wadu, Darius Imanuel (Unknown)
Taunu, Elsy S Hana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning(PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Waibakul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen  yang menggunakan  one group pretest- post design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Waibakul, dengan sampel penelitian  yaitu kelas XI sebagai kelas eksperimen. Instrumen digunakan yaitu pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebanyak 3 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, taraf signifikasi, dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data mennjukan nilai rata-rata posttest yaitu 81.81  lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest  yaitu 57,03. Pengujian hipotesis  dengan uji z  menunjukan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima. Disimpulkan bahwa model pembelajaran  problem based learning(PBL) berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Waibakul.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsr

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Achievement: Journal of Science and Research terbit 3 kali dalam setahun, yaitu bulan Oktober, Februari dan Juni, Education Achievement: Journal of Science and Research merupakan jurnal pada bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai ...