Instructional Development Journal
Vol 8, No 2 (2025): IDJ

Transformasi Pembelajaran PAI dalam Era Merdeka Belajar: Studi Pendekatan Pembelajaran Mendalam di SMP Muhammadiyah Margasari

Usman, Khafid (Unknown)
Makhful, Makhful (Unknown)
Darodjat, Darodjat (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Pendekatan Pembelajaran Mendalam merupakan strategi penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses transformasi pembelajaran PAI, tantangan dan peluang implementasi pendekatan pembelajaran mendalam, serta pengaruhnya terhadap pemahaman dan partisipasi siswa di SMP Muhammadiyah Margasari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus, dilengkapi teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran mendalam telah membawa perubahan signifikan dalam pembelajaran PAI, baik dari segi pemahaman konseptual maupun partisipasi aktif siswa. Siswa tidak hanya memahami nilai-nilai agama secara teoretis, tetapi juga mampu merefleksikan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa tantangan seperti perlunya pelatihan guru dan penguatan infrastruktur digital. Secara keseluruhan, pendekatan pembelajaran mendalam berpotensi menjadi model pembelajaran PAI yang efektif dalam mendukung visi Merdeka Belajar. Sebagai saran, diperlukan peningkatan kapasitas guru dan pengembangan modul berbasis proyek untuk memperkuat implementasi pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...