Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 3 (Juli 2025)

Manajemen Sekolah Sebagai Sebuah Kegiatan Pengelolaan Pendidikan di MIN Surakarta

Suprapti, Suprapti (Unknown)
Baidi, Baidi (Unknown)
Munadi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif lebih banyak menjelaskan, mendeskripsikan dan lebih banyak menganalisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Penelitian kualitatif lebih mengutamakan proses dan makna yang didasari sudut pandang atau penilaian dari sisi subjek. Hasil penelitian ini adalah: 1). Kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah harus mempunyai berbagai kompetensi dan keterampilan antara lain; keterampilan konseptual, keterampilan manusiawi, dan keterampilan teknik. Kegiatan pokok yang harus diemban kepala sekolah yaitu merencaranakan, mengorganisasi, mengkooordinasi, memantau, serta menilai atau mengevaluasi dalam bingkai manajemen sekolah. Ada tujuh peran kepala sekolah yang harus diamalkan dalam bentuk tindakan nyata di sekolah/madrasah yang disingkat dengan EMASLIM, yaitu peran sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator. 2). Manajemen Sekolah di MIN 2 Surakarta meliputi: Manajemen kurikulum, manajemen sumber daya manusia, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan, manajemen hubungan masyarakat, manajemen layanan khusus. Layanan-layanan tersebut harus di kelola secara baik dan benar sehingga dapat membantu memperlancar pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Pelayanan khusus atau pelayanan bantuan diselenggarakan di sekolah dengan maksud untuk memperlancar pelaksanaan pengajaran dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Berikut ini adalah jenis-jenis layanan khusus yang di sediakan sekolah: Layanan Bimbingan dan Konseling (BK), layanan Kesehatan Sekolah (UKS), layanan kafetaria sekolah, layanan asrama sekolah, layanan perpustakaan sekolah, layanan laboratorium sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...