Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif lebih banyak menjelaskan, mendeskripsikan dan lebih banyak menganalisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Penelitian kualitatif lebih mengutamakan proses dan makna yang didasari sudut pandang atau penilaian dari sisi subjek. Hasil penelitian ini adalah: 1). Kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah harus mempunyai berbagai kompetensi dan keterampilan antara lain; keterampilan konseptual, keterampilan manusiawi, dan keterampilan teknik. Kegiatan pokok yang harus diemban kepala sekolah yaitu merencaranakan, mengorganisasi, mengkooordinasi, memantau, serta menilai atau mengevaluasi dalam bingkai manajemen sekolah. Ada tujuh peran kepala sekolah yang harus diamalkan dalam bentuk tindakan nyata di sekolah/madrasah yang disingkat dengan EMASLIM, yaitu peran sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator dan motivator. 2). Manajemen Sekolah di MIN 2 Surakarta meliputi: Manajemen kurikulum, manajemen sumber daya manusia, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan, manajemen hubungan masyarakat, manajemen layanan khusus. Layanan-layanan tersebut harus di kelola secara baik dan benar sehingga dapat membantu memperlancar pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Pelayanan khusus atau pelayanan bantuan diselenggarakan di sekolah dengan maksud untuk memperlancar pelaksanaan pengajaran dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan di sekolah. Berikut ini adalah jenis-jenis layanan khusus yang di sediakan sekolah: Layanan Bimbingan dan Konseling (BK), layanan Kesehatan Sekolah (UKS), layanan kafetaria sekolah, layanan asrama sekolah, layanan perpustakaan sekolah, layanan laboratorium sekolah.
Copyrights © 2025