Jurnal Abdimas Peradaban
Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Abdimas Peradaban

Penerapan Pemasaran Berbasis Digital Pada UKMK di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat

Nurmansyah, Abdul Ahmad Hafidh (Unknown)
Yulianti, Eka (Unknown)
Kurniawan, Asep (Unknown)
Evangalista, Leni (Unknown)
Sigarlaki, Faizal Fardhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan pada UMKM di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat berupa pelatihan dan pendampingan pemasaran berbasis digital pada UMKM sentra kuliner. Tim PKM memilih pelatihan dan pendampingan sesuai dengan kebutuhan UMKM. Ditengah kondisi pandemik ini UMKM membutuhkan metode baru untuk mampu mempertahankan bisnisnya. Tim PKM menggunakan metode pelatihan dan pendampingan agar UKMK dapat menerapkan pemasaran digital pada bisnisnya. Hasil evaluasi yang dilakukan tim PKM memperlihatkan bahwa UMKM dapat menerapkan pemasaran digital pada sosial media, baik dalam hal kuantitas penggunaannya dan kualitas konten. Pentingnya penerapan pemasaran digital ini agar UMKM dapat secara mandiri dalam melakukan pemasaran digital sehingga UKMK dapat bertahan dalam bisnis untuk memasarkan produknya kepada pasara yang lbih luas, dengan demikian UMKM juga dapat mengembangkan bisnisnya. Program pelatihan dan pendampingan pemsaran digital dapat memberikan dampak UMKM bertahan dalam bisnis tersebut dan mengembangkan pasarnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

peradaban

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Peradaban (JAP) diterbitkan oleh Lembaga Pendampingan dan Konsultasi Karya Ilmiah GoAcademica Research & Publishing adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas abdimas peradaban dan penelitian ...