Jurnal Literasiologi
Vol 13 No 3 (2025): Jurnal Literasiologi

KONSEP PENDIDIKAN MENURUT SURAH LUQMAN AYAT 14-15

Setiawan, Jamil (Unknown)
Dewanti, Asri Hajar (Unknown)
Marinda, Aflia Bela (Unknown)
Taqiyuddin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan dalam Surah Luqman ayat 14-15 melalui pendekatan tafsir tematik. Ayat-ayat tersebut memuat nilai-nilai pendidikan Islam yang integral, mencakup perintah untuk bersyukur kepada Allah, berbakti kepada orang tua, serta batasan ketaatan dalam konteks tauhid. Dengan menggunakan metode kualitatif berbasis studi kepustakaan, penelitian ini menelaah kandungan makna ayat secara kontekstual dan sistematis melalui analisis terhadap sumber-sumber tafsir klasik dan kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan dalam perspektif ayat ini tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga menekankan dimensi spiritual, moral, dan sosial. Surah Luqman ayat 14-15 merefleksikan prinsip pendidikan Islam yang moderat dan kritis, yakni membina sikap hormat kepada orang tua tanpa mengabaikan prinsip ketauhidan. Nilai-nilai tersebut relevan untuk diimplementasikan dalam sistem pendidikan modern yang berlandaskan integrasi antara nilai ilahiyah dan kemanusiaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...