Penelitian ini dilaksanakan di SD Adi Widyalaya Suar Dwipa Giri Mekar yang bertujuan meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I dengan menggunakan media kartu kata bergambar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas I SD Adi Widyalaya Suar Dwipa Giri Mekar dan objeknya adalah media kartu kata bergambar. Pada hasil pra penelitian, banyak siswa belum mencapai KKM dengan rata-rata skor membaca hanya 65. Kemudian dilanjutkan ke siklus berikutnya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan kelas. Pada Siklus I, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 72,12 dengan 50% siswa mencapai KKM. Pada Siklus II, rata-rata nilai naik lagi menjadi 77,31 dengan 96% siswa mencapai KKM. Temuan menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini menyarankan penggunaan media gambar lebih luas untuk mendukung pembelajaran dan partisipasi siswa.
Copyrights © 2024