Penelitian ini dilaksanakan di SD Adi Widyalaya Suar Dwipa Giri Mekar yang bertujuan meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 dengan memanfaatkan cerita ogoh-ogoh bali. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media cerita ogoh-ogoh Bali dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 SD Adi Widyalaya Suar Dwipa Giri Mekar. PISA melaporkan bahwa tingkat literasi siswa Indonesia masih rendah, dan UNESCO mencatat minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, dengan hanya 0,001% yang rajin membaca. Hasil observasi dan wawancara di SD Adi Widyalaya Suar Dwipa Giri Mekar menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik bermain gawai daripada membaca buku. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan melibatkan 26 siswa kelas 2. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar membaca dari prasiklus 36,36% dengan rata-rata 63,69, menjadi 54,55% dengan rata-rata 76,79 pada siklus I, dan akhirnya mencapai 100% dengan rata-rata 81,42 pada siklus II. Penggunaan cerita ogoh-ogoh Bali terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa, sejalan dengan teori Mayer (2009) mengenai pesan multimedia dan hasil penelitian Baihaki (2011) yang menunjukkan efektivitas media cerita bergambar dalam meningkatkan hasil belajar membaca permulaan.
Copyrights © 2024