Anak usia dini berada pada masa perkembangan yang paling cepat disepanjangan kehidupannya. Perkembangan ini membuat anak-anak mudah untuk dikenalkan dengan berhitung matematika, karena mereka sangat mudah diberikan rangsangan dari lingkungan sekitarnya. Matematika sebagai ilmu dasar pada anak usia dini untuk memudahkan mereka dalam berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan keterampilan berhitung permulaan, serta melihat manfaat dari berhitung menggunakan konsep jari aljabar di RA MIFTAHUL JANNAH. Metode kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Jalan Tegal Binangun, Lorong Karang Anyar 5, dengan 2 orang guru dan 12 orang anak didalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berhitung ialah tahapan dalam mengenalkan pembelajaran jari aljabar kepada anak didalam kelas. Guru yang mengajarkan berhitung dengan konsep jari aljabar menunjukkan anaknya lebih cepat memahami kemampuan berhitung 1-10. Maka perlu adanya penyempurnaan untuk pembelajaran berhitung dengan jari aljabar, yaitu kerjasama orang tua dan guru. Guru mengajak orang tua dalam pembelajaran konsep jari aljabar ini agar bisa menyamakan pembelajaran anaknya sesuai dengan yang guru ajarkan, karena jika pembelajarannya berbeda antara diumah dan disekolah akan membuat anak menjadi tidak paham tentang cara menghitungnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025