JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Nurazizah, Siti (Unknown)
Marethi, Indiana (Unknown)
Rafianti, Isna (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh model Project Based Learning dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Pandeglang pada tahun ajaran 2024/2025 dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian the nonequivalent pre-test post-test control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sedangkan instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh model Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, dan 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh model Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...