Evaluasi kualitas merupakan langkah penting untuk memastikan kualitas aplikasi yang dapat dilakukan dengan menganalisis ulasan pengguna untuk mengidentifikasi dan memahami secara lebih spesifik fitur, kemampuan, dan peningkatan yang diharapkan, salah satunya menggunakan Aspect-Based Sentiment Analysis (ABSA). iPusnas, aplikasi perpustakaan digital di Indonesia, memiliki beberapa masalah dan kelemahan, diindikasikan dengan rendahnya rating di Google Play Store sebesar 3,3. Penelitian ini bertujuan mengetahui aspek yang paling banyak dibahas dan sentimen dalam ulasan pengguna iPusnas menggunakan ABSA serta mengetahui akar masalah sentimen negatif menggunakan Root Cause Analysis (RCA). Dijalankan topic modeling menggunakan Latent Dirichlet Allocation (LDA) untuk mengetahui aspek yang paling banyak dibahas dan analisis sentimen menggunakan Valence Aware Dictionary for sEntiment Reasoning (VADER) untuk mengetahui sentimen ulasan pengguna. Teridentifikasi 2 aspek ulasan utama, yaitu reliability dan functional suitability. Hasil evaluasi menunjukkan LDA memiliki nilai accuracy keseluruhan sebesar 0,82, precision 0,83, recall 0,82, dan F1-score 0,82. Adapun VADER menunjukkan nilai accuracy keseluruhan sebesar 0,53, precision 0,87, recall 0,53, dan F1-score 0,60. Teridentifikasi 3 masalah pada reliability, yaitu kegagalan login terus menerus, eror dan bug setelah update version, dan aplikasi tidak bisa dibuka akibat crash terus menerus. Pada aspek functional suitability, teridentifikasi 3 masalah, yaitu kegagalan meminjam, membaca, dan mendownload buku, fitur pencarian tidak akurat, dan bookmark tiba-tiba hilang. Dilakukan identifikasi akar masalah dan perumusan saran perbaikan untuk masalah yang ditemukan.
Copyrights © 2025