Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap keterampilan menulis. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 dan SMPN 1 Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif dengan menggunakan beberapa sampel dari populasi dan instrumen tes untuk pengumpulan data. Uji hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata dan penguasaan tata bahasa secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa di SMP Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan F0 = 35.857. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa di SMP Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan F0 = 3,995. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa di SMP Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan t = 4,708.
Copyrights © 2025