JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kearifan Lokal Siswa SD

Amelia, Maya (Unknown)
Sipayung, Natalia (Unknown)
Gea, Imelda Des Natalia (Unknown)
Hutahaean, Evelyn Oktapetra (Unknown)
Ismail, Putri Roka (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya yang berkaitan dengan nilai-nilai lokal di tingkat Sekolah Dasar (SD). Metodologi yang dipilih dalam penelitian ini adalah kajian literatur, dengan menganalisa 11 jurnal nasional yang relevan. Namun, hanya 6 dari jurnal tersebut yang dipilih untuk analisis lebih lanjut karena memenuhi kriteria kelayakan dan relevansi dengan konteks yang ada. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan aktif siswa, serta kemampuan berpikir kritis dalam kegiatan belajar IPS. Selain itu, model ini dianggap efektif dalam menghubungkan materi kearifan lokal dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga dapat menumbuhkan penghargaan terhadap budaya lokal. Penelitian ini merekomendasikan agar model Pembelajaran Berbasis Masalah diterapkan secara sistematis serta disesuaikan dengan konteks pengajaran IPS untuk mendukung hasil belajar yang lebih baik dan pelestarian nilai-nilai kearifan lokal sejak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...