Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya yang berkaitan dengan nilai-nilai lokal di tingkat Sekolah Dasar (SD). Metodologi yang dipilih dalam penelitian ini adalah kajian literatur, dengan menganalisa 11 jurnal nasional yang relevan. Namun, hanya 6 dari jurnal tersebut yang dipilih untuk analisis lebih lanjut karena memenuhi kriteria kelayakan dan relevansi dengan konteks yang ada. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan aktif siswa, serta kemampuan berpikir kritis dalam kegiatan belajar IPS. Selain itu, model ini dianggap efektif dalam menghubungkan materi kearifan lokal dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga dapat menumbuhkan penghargaan terhadap budaya lokal. Penelitian ini merekomendasikan agar model Pembelajaran Berbasis Masalah diterapkan secara sistematis serta disesuaikan dengan konteks pengajaran IPS untuk mendukung hasil belajar yang lebih baik dan pelestarian nilai-nilai kearifan lokal sejak usia dini.
Copyrights © 2025