Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Vol 4 No 2 (2025): J-BKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Self-Help Group pada Orang tua Sebagai Dukungan Kesiapan Bersekolah Melalui Layanan Konseling Kelompok Berbasis Daring

Putri, Rukiana Novianti (Unknown)
Nurani, Pertiwi (Unknown)
Wulandari, Ratna (Unknown)
Amsal, Bahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Kesiapan keluarga khususnya orang tua dapat memengaruhi kemampuan anak untuk bersekolah. Kesiapan keluarga berpusat pada bagaimana orang tua berpartisipasi dan berperan dalam memenuhi kebutuhan belajar anak. Orang tua harus siap secara finansial dan mental sebagai upaya mempersiapkan anak bersekolah. Selain itu, orang tua juga memiliki peran penting sebagai guru di rumah, yang juga membutuhkan bantuan untuk memastikan anak mereka siap untuk bersekolah. Oleh karena itu, ketika orang tua tidak mendapatkan dukungan dan tidak mampu merencanakan dengan baik, kesiapan anak untuk sekolah menjadi kurang optimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kelompok dari sesama orang tua dianggap cukup efektif dalam membantu dan memperkuat keyakinan orang tua tentang kesiapan bersekolah anak. Hal tersebut ditandai dengan perilaku orang tua memiliki perspektif yang lebih optimis, memiliki kemampuan perencanaan tentang sekolah anak, dan memperoleh perspektif yang berbeda dari orang lain sebagai bentuk penguatan keyakinan dan praktik baik. Kunci: Self-Help Group, Orang tua, Kesiapan Bersekolah, Konseling kelompok daring

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-BKPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah yang fokus menyebarluaskan hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam dan psikologi islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam ...