Penelitian ini mengkaji penerapan metode Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika, khususnya materi turunan fungsi, di kalangan siswa SMA kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian yang tercatat dalam berbagai studi, penggunaan model PBL terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Selain itu, penelitian lain juga memperlihatkan bahwa PBL tidak sekedar meningkatkan pemahaman konsep, tetapi juga keterampilan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kolaborasi antar siswa. Penerapan model ini dalam berbagai konteks, baik dengan media konkret, pembelajaran daring, atau dengan modifikasi berbasis teknologi, menghasilkan peningkatan keterlibatan siswa serta membantu mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. PBL juga memberikan dampak positif pada peningkatan minat belajar, keterampilan komunikasi, dan representasi matematis, yang menunjukkan keberhasilan model ini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Dengan demikian, penerapan PBL dapat menjadi metode belajar yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, pemahaman konsep, dan keterampilan siswa dalam mata pelajaran matematika, khususnya pada materi yang membutuhkan pemahaman yang mendalam seperti konsep turunan fungsi.
Copyrights © 2025