MONSU'ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 8 No. 2 (2025)

PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN ZUMROTUL HUDA

Ardana, I Made Sugi (Unknown)
Hidayat, Tomi (Unknown)
Ramdhani, Ichsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran yang menarik dan inovatif menjadi tantangan bagi para guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru berperan penting sebagai fasilitator yang mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu solusinya adalah penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran berbasis digital. Canva memungkinkan guru untuk membuat materi yang interaktif dan menarik melalui berbagai elemen visual. Kegiatan ini berfokus pada pelatihan penggunaan aplikasi Canva bagi para guru di Pondok Pesantren Zumrotul Huda. Berdasarkan survei lapangan, sebagian besar guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan mengalami kendala dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif. Oleh karena itu, program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan Canva guna menciptakan materi ajar yang lebih menarik dan efektif. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru yang telah mendapatkan pendampingan dalam penggunaan Canva mampu menghasilkan materi pembelajaran yang lebih variatif. Selain itu, pemanfaatan aplikasi Canva juga membuka peluang kolaborasi antar guru dalam mengembangkan materi ajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

monsuan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Physics Social Sciences

Description

MONSU'ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Pada Masyaratakan Universitas Muhammadiyah Luwuk adalah jurnal suntingan ilmiah yang difokuskan pada publikasi karya-karya inovatif dari hasil Pengabdian Pada Masyarakat tentang semua ...