Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang dapat digunakan untuk memudahkan proses belajar mengajar Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pemanfaatan Media Pembelajaran, (2) Kelayakan Materi dan Media serta Respon siswa Terhadap Media Pembelajaran, dan (3) Peningkatan Minat Siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 4 Medan dengan menggunakan aplikasi CapCut. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang disebut sebagai R&D yang mengacu pada model ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, instrumen validasi ahli materi dan media, instrumen akseptansi (penerimaan) peserta didik, dan Kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Be.rdasarkan hasil pe.ne.litian dike.tahui bahwa: (1) pemanfaatan media pembelajaran meggunakan aplikasi CapCut pada materi dinamika hidrosfer menggunakan prosedur model ADDIE. (2) Kelayakan materi pembelajaran memperoleh hasil rata-rata 4,04 dengan kategori layak. Kelayakan media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata skor 4,62 dengan kategori sangat layak. Tingkat akseptansi (penerimaan) peserta didik terhadap video pembelajaran yang sudah divalidasi dan dikembangkan menggunakan aplikasi CapCut memperoleh nilai rata-rata skor 4,50 dengan kategori akseptansi sangat tinggi. (3) Respon siswa terhadap minat belajar siswa menggunakan aplikasi CapCut pada uji coba lapangan memperoleh rata-rata skor dengan jumlah 86% dengan kriteria sangat efektif.
Copyrights © 2025