Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 5 No. 4 (2025)

Pengembangan Buku Panduan Penguatan Penyesuaian Diri Mahasiswa Terhadap Lingkungan Sekolah

Setiyowati, Arbin Janu (Unknown)
Multisari, Widya (Unknown)
Apriani, Rizka (Unknown)
Pratiwi, Awalya Siska (Unknown)
Sainda, Ahmad Thoriq Tri (Unknown)
Widaad, El-tsaniyah Rihlatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan berbasis Social and Emotional Learning (SEL) guna mendukung penyesuaian diri mahasiswa PPL 1 terhadap lingkungan sekolah. Penelitian menggunakan desain pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian melibatkan ahli materi, ahli media, dan mahasiswa calon pengguna. Hasil uji validasi menunjukkan buku panduan sangat layak dengan rata-rata skor 3,8 (ahli materi), 3,95 (ahli media), dan indeks validitas ahli calon pengguna sebesar 1,00 pada semua aspek (ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan). Buku panduan ini dinilai efektif untuk membantu mahasiswa PPL dalam mengelola emosi, membangun hubungan sosial, dan menghadapi tantangan di lapangan. Disarankan adanya evaluasi berkala untuk penyempurnaan buku panduan sesuai kebutuhan pengguna di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...