Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan berbasis Social and Emotional Learning (SEL) guna mendukung penyesuaian diri mahasiswa PPL 1 terhadap lingkungan sekolah. Penelitian menggunakan desain pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian melibatkan ahli materi, ahli media, dan mahasiswa calon pengguna. Hasil uji validasi menunjukkan buku panduan sangat layak dengan rata-rata skor 3,8 (ahli materi), 3,95 (ahli media), dan indeks validitas ahli calon pengguna sebesar 1,00 pada semua aspek (ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan). Buku panduan ini dinilai efektif untuk membantu mahasiswa PPL dalam mengelola emosi, membangun hubungan sosial, dan menghadapi tantangan di lapangan. Disarankan adanya evaluasi berkala untuk penyempurnaan buku panduan sesuai kebutuhan pengguna di masa mendatang.
Copyrights © 2025