Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Pengaruh Character Building Menggunakan Asmaul Husna Digital Terhadap Pengembangan Akhlak Islami Siswa di MTsS Plus Al Faiz 165 Medan

Fatin, Amirah (Unknown)
Parianto, Parianto (Unknown)
Nurdiani, Nurdiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh character building menggunakan Asmaul Husna digital terhadap pengembangan akhlak Islami siswa di MTsS Plus Al-Faiz 165 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang terdiri dari 80 item pernyataan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 29 orang. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, serta uji t dan korelasi Pearson dengan bantuan program SPSS versi 30.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item instrumen dinyatakan valid dan reliabel, data berdistribusi normal, serta terdapat hubungan linear dan pengaruh yang signifikan antara character building menggunakan Asmaul Husna digital dan pengembangan akhlak Islami siswa (t hitung = 5,728 > t tabel = 2,048; Sig. = 0,000). Dengan demikian, character building melalui Asmaul Husna digital terbukti efektif dalam meningkatkan akhlak Islami siswa, terutama pada aspek kejujuran, tanggung jawab, dan sikap hormat kepada orang tua, guru, serta sesama siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...