Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum berbantuan pop-up book sebagai penuntun praktikum yang mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa (KPS). Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi sepuluh tahap, mulai dari identifikasi potensi dan masalah hingga produksi produk. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, serta diuji coba pada kelompok kecil dan besar. Subjek uji coba terdiri dari 45 siswa kelas XI di SMA Kartika 1-4 Pematangsiantar. Hasil validasi ahli media menunjukkan 95% dengan kategori “Sangat layak”, sedangkan hasil validasi ahli materi sebesar 90% juga dengan kategori “Sangat layak” dan angket respons siswa sebesar 93,25%. Keterampilan Proses Sains menunjukkan peningakatan nilai rata-rata siswa sebesar 30,45 dengan nilai N-Gain sebesar 0,70 yang berada dalam kategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan penuntun praktikum berbantuan pop-up book layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains siswa. Penuntun ini dapat dijadikan sebagai pendukung tambahan dalam kegiatan praktikum yang inovatif dan menarik.
Copyrights © 2025