Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman nilai-nilai agama dengan perilaku sosial peserta didik di SMP Islam Plus Al-Ikhlas Taqwa Medan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional dengan populasi sebanyak 52 siswa dari kelas VII hingga IX yang diambil dengan total sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji statistik pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tingkat pemahaman nilai-nilai agama dengan perilaku sosial peserta didik. Semakin tinggi pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama, semakin positif perilaku sosial yang ditunjukkan, yang meliputi sikap tolong-menolong, disiplin, dan kesopanan. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,793 mengindikasikan 79,3% variasi perilaku sosial dapat dijelaskan oleh variabel pemahaman nilai-nilai agama. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya peningkatan pembelajaran agama yang efektif untuk mendukung pembentukan karakter sosial yang positif di kalangan peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025