Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 2 (2025): Juli 2025

Analisis Kesulitan Membaca Pemahaman Melalui Teks Deskripsi pada Peserta Didik Kelas V di SDN Pasuluhan

Istikomah, Oktaviayu Nur (Unknown)
Yuliana, Rina (Unknown)
Hilaliyah, Tatu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering ditemui pada jenjang sekolah dasar yaitu kesulitan membaca pemahaman pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesulitan membaca pemahaman melalui teks deskripsi pada peserta didik dan mengetahui faktor penyebab kesulitan membaca pemahaman pada peserta didik. Tempat penelitian yaitu SDN Pasuluhan. Fokus penelitian yaitu kesulitan membaca pemahaman pada peserta didik melalui teks deskripsi. Pendekatan yang dilakukan yaitu kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi hasil tugas. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik kesulitan dalam menentukan pesan tersirat dan tersurat, kesulitan dalam menentukan ide pokok, kesulitan dalam menarik kesimpulan, dan kesulitan dalam memaknai kata ungkapan. Adapun penyebabnya didasari atas kondisi tubuh kurang optimal, intelegensi, motivasi diri, minat baca, pengendalian diri, peranan keluarga, dan cara mengajar guru. Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat kesulitan membaca pemahaman pada peserta didik yang dipengaruhi dari faktor internal dan eksternal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...