JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti)
Vol. 9 No. 2 (2025): IN PRESS

Analisis Komparatif Persepsi Siswa terhadap Tutor Teman Sebaya dalam Pembelajaran IPA: Studi pada Berbagai Kelompok Belajar

Latifa, Fiky (Unknown)
Utami, Isrotun Ngesti (Unknown)
Widiyanto, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan persepsi siswa terhadap tutor teman sebaya pada pembelajaran IPA di beberapa kelompok belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kausal komparatif, melibatkan 28 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes. Instrumen utama berupa angket skala Likert 1–4 berdasarkan lima indikator persepsi: kompetensi akademik, komunikasi, sikap sosial, dukungan emosional, dan interaksi belajar. Data dianalisis menggunakan uji Kruskal-Wallis dan Pairwise Comparisons . Hasil menunjukkan adanya perbedaan persepsi siswa yang signifikan antar kelompok (Asymp. Sig. = 0,025). Perbedaan signifikan terjadi antara Kelompok 2 dengan Kelompok 3 ( Adj. Sig . = 0,042), dan Kelompok 2 dengan Kelompok 4 (Adj. Sig . = 0,029), dengan Kelompok 2 memiliki skor persepsi tertinggi (74,80).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmp

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics

Description

This journal contains a variety of scientific articles related to research in the field of mathematics and Science Education. The range of topics in the specific journals may include the Application of mathematic and Science Lessons, the Development of Mathematic and Science Education Research, the ...