Borneo Physical Education Journal
Vol. 6 No. 1 (2025): Borneo Physical Education Journal

VIRTUAL REALITY: TEKNOLOGI IMERSIF YANG TEPAT DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Maulana, Achmad (Unknown)
lasni Rhussary, Margaretha (Unknown)
Nugroho, Tri (Unknown)
Talan, Rudobertus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Virtual reality (VR) telah muncul sebagai inovasi yang menjanjikan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pendidikan jasmani. Penggunaan VR sebagai media pengajaran memberikan pengalaman interaktif dan imersif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep olahraga dan kebugaran. Dalam konteks pendidikan jasmani, VR memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam simulasi aktivitas fisik yang tidak hanya meningkatkan keterampilan motorik, tetapi juga mempromosikan gaya hidup sehat. Penelitian ini mengeksplorasi manfaat dan tantangan penerapan VR dalam pendidikan jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaksimalkan implementasi teknologi VR digunakan pada saat pembelajaran pendidikan jasmani dan analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, & Challenges (SWOC) dari Virtual Reality. Metode penelitian ini bersifat deskriptif berdasarkan hasil penelitian terdahulu. Hasil menunjukan bahwa solusi yang memadai untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menekankan terhadap keterlibatan siswa dan memberikan pengalaman baru terhadap pembelajaran, maka virtual reality menjadi pilihan yang tepat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bpej

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Social Sciences Other

Description

Borneo Physical Education Journal is an online journal published by the Physical Education Study Program, Teaching and Education Faculty of Mulawarman University in Indonesia, which was founded in 2020 and is published periodically online. It publishes articles with high standards on various aspects ...