Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak melalui kegiatan workshop. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan komunikasi anak usia dini dengan mengedepankan kreativitas, interaksi sosial, dan pendekatan yang lebih menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak di TKQ Miftahul Jannah yang berjumlah 16 orang anak. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi setelah diterapkan kegiatan workshop pada anak usia dini. Hail ini membuktikan bahwa komunikasi dengan bantuan kegiatan workshop boneka jari sangat efektif untuk anak usia dini dan lebih lancar dalam berkomunikasi. Penelitian ini merekomendasikan agar guru sebaiknya sering membuat kegiatan-kegiatan yang menarik agar kemampuan komunikasi anak teruk meningkat. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pendidikan anak usia dini untuk merancang program pembelajaran yang lebih terstruktur, kreatif, dan menyenangkan bagi anak-anak, khususnya dalam hal pengembangan komunikasi. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih kreatif melakukan kegiatan workshop dan memanfaatkan berbagai media khususnya dalam bercerita atau diskusi kelompok agar mendorong kegiatan anak untuk lebih berani dalam komunikasi, berinteraksi, dan menyampaikan ide.
Copyrights © 2025