Kepuasan pasien merupakan indikator penting dalam pelayanan kesehatan, terutama bagi peserta BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang terkait dengan penelitian ini, yaitu survei dengan desain penelitian potong lintang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden. Data dianalisis menggunakan uji chi square dengan α 0,05. Hasil penelitian menggunakan analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan yaitu edukasi (RP= 5,510, 95% CI =2,690-11,288), komunikasi (RP= 2,752, 95% CI =1,686-4,492), kebersihan ruangan (RP= 2,935, 95% CI =1,603-5,375), waktu tunggu (RP= 7,888, 95% CI = 3,364-18,5) terhadap kepuasan pasien peserta BPJS pada pelayanan kesehatan di RSUD Sipirok, Tapanuli Selatan. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara edukasi, komunikasi, kebersihan ruangan dan waktu tunggu dengan kepuasan pelayanan kesehatan peserta BPJS di RSUD Sipirok, Tapanuli Selatan
Copyrights © 2025