Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti pada proses pembelajaran di SMP Swasta Santa Theresia Lahewa, yang selama ini masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi. Guru masih menggunakan metode ceramah dan buku teks tanpa variasi media yang interaktif.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (2) mengetahui kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan hasil belajar.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, berupa angket validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar berupa tes uraian.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi oleh validator pada aspek materi (dosen) dengan persentase 91% kategori sangat valid, oleh guru mata Pelajaran dengan persentase 100% kategori sangat valid, aspek bahasa dengan persentase 94% kategori sangat valid dan aspek desain dengan persentase 86% kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran berbasis video animasi yang telah dikembangkan dengan persentase respon siswa pada uji perseorangan 97% kategori sangat praktis, uji coba kelompok kecil 94% kategori sangat praktis, uji coba lapangan 100% kategori sangat praktis, dan efektifitas media pembelajaran berbasis video animasi 92% kategori sangat efektif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025