Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025)

Penerapan Model Pembelajaran Gamification Berbantuan Quizizz dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Efektif

Irawan, I Putu Ari Utama (Unknown)
Dewanthari, Ni Nyoman Tri Thika (Unknown)
Simanjuntak, Vitalia Hanako Murni (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Kemampuan menulis kalimat efektif merupakan keterampilan dasar yang penting bagi mahasiswa dalam menyampaikan gagasan dan informasi secara jelas. Namun, tantangan yang dihadapi belakangan ini adalah menurunnya motivasi dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Terkait itu, diperlukan inovasi dalam strategi pembelajaran guna meningkatkan partisipasi peserta didik. Gamifikasi yang mengintegrasikan elemen permainan dalam proses pembelajaran, menjadi inovasi efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Gamification melalui media Quizizz dan mendeskripsikan strategi dalam mengatasi tantangan penerapan Gamification berbantuan Quizizz pada pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Gamification berbantuan Quizizz dilakukan secara sistematis melalui (1) penentuan tujuan pembelajaran, (2) pemilihan konten, (3) pembuatan pertanyaan, (4) penerapan elemen permainan, (5) pemberian umpan balik, (6) fasilitasi kompetisi, (7) analisis kemajuan siswa, dan (8) evaluasi. Selain itu, dalam mengatasi tantangan penerapan Gamification berbantuan Quizizz, tentunya memerlukan strategi yang tepat dan memerlukan partisipasi dari pihak terkait. Adapun implikasi praktis dari penelitian ini adalah pendidik dapat mengadopsi penerapan gamifikasi berbantuan Quizizz sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran menulis, khususnya untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa. Dengan mengikuti langkah-langkah sistematis yang telah diuraikan, pendidik dapat menghadirkan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan menulis kalimat efektif secara optimal. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya kajian strategi inovatif pembelajaran bahasa, khususnya terkait integrasi gamifikasi dalam pengembangan keterampilan menulis di pendidikan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...