Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas IV SD pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model PBL berbantuan Articulate Storyline 3. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 22 siswa kelas IV SD UMP. Pada siklus I, siswa diperkenalkan pada masalah melalui media interaktif dan dibimbing secara langsung oleh guru. Siklus II difokuskan pada peningkatan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok untuk mengembangkan solusi. Siklus III memperkuat kemandirian dan kemampuan reflektif siswa melalui presentasi hasil pemecahan masalah. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 70,45 pada siklus I menjadi 79,77 pada siklus II dan 81,14 pada siklus III. Keterlaksanaan pembelajaran meningkat secara bertahap di setiap siklus. Penggunaan Articulate Storyline 3 terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar, perhatian, dan keaktifan siswa. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Articulate Storyline 3 efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa serta mendukung pembelajaran kontekstual sesuai Kurikulum Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025