Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Media Video Animasi Interaktif Terhadap Kemampuan Menyimak Pesan Moral Cerita Fabel Pada Peserta Didik Kelas 3 SDN Sidokumpul

Febianti, Priya (Unknown)
Wardono, Mohammad Setyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media video animasi interaktif dalam meningkatkan kemampuan menyimak pesan moral fabel pada siswa kelas 3 SDN Sidokumpul. Penelitian ini menggunakan pendekatan Experimen dengan desain penelitian One Shot Case Study. Subjek dalam penelitian yaitu kelas 3 B sebagai kelas eksperimen. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistic descriptif dan analisis statistic infrensial yang terdiri dari uji normalitas, uji hipotesis menggunakan  One Sample Test. Hasil analisis menunjukkan nilai t hitung sebesar 5,692 dengan signifikansi 0,000, < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dengan nilai KKM. Rata-rata posttest meningkat 9 poin di atas nilai standar, dengan interval kepercayaan 95% antara 5,69 hingga 12,31. Maka Hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya Efektivitas Video Animasi Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pesan Moral Fabel Pada Siswa Kelas 3 SDN Sidokumpul.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...