PESHUM
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Analisis Penerapan Pendidikan Multikultural Dalam Menanamkan Nilai Keberagaman Di SD Insan Harapan

Utami, Nanda Dwi (Unknown)
Mahmud Yunus (Unknown)
Hanansya Nur Salsabilla (Unknown)
Nathania Alyfa Syahada (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendidikan multikultural dalam menanamkan nilai keberagaman di SD Insan Harapan. Latar belakang kajian ini didasarkan pada pentingnya memahami bagaimana pendidikan multikultural dapat diterapkan secara efektif dalam lingkungan sekolah dasar guna membentuk karakter peserta didik yang toleran, inklusif, dan menghargai perbedaan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural diterapkan melalui kegiatan belajar kelompok, integrasi budaya dalam pembelajaran, pelatihan guru, serta penciptaan lingkungan sekolah yang ramah dan terbuka terhadap perbedaan. Meskipun menghadapi tantangan seperti miskomunikasi antar siswa, kurangnya pemahaman guru, dan keterbatasan fasilitas, sekolah berupaya mengatasinya dengan pelatihan dan edukasi berkelanjutan. Pendidikan multikultural berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan mendukung pembentukan karakter peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...