PESHUM
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Penerapan Media Canva Untuk Meningkatkan Hasil belajar Bahasa Indonesia Pada kelas V di SDN 060827 Medan SM Raja

Rima Rizky Melati (Unknown)
Ramadhani (Unknown)
Putri Juwita (Unknown)
Rizky Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Capaian pembelajaran siswa menunjukkan derajat kemahiran yang dicapai dalam menguasai program pendidikan, yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penelitian tindakan kelas ini berupaya untuk meningkatkan prestasi akademik siswa Kelas V di SD Negeri 060827 Medan SM Raja dalam topik bahasa Indonesia dengan memanfaatkan Canva sebagai media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pencatatan, dan dokumentasi yang menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif. Partisipan penelitian terdiri dari 31 siswa dari Kelas V di SD Negeri 060827 Medan SM Raja. Temuan penelitian dari dua siklus menunjukkan bahwa persentase capaian pembelajaran siswa pada Siklus 1 mencerminkan skor rata-rata, sedangkan Siklus 2 menghasilkan persentase 86,7%. Pemanfaatan Canva sebagai media pendidikan dapat meningkatkan kinerja siswa dalam bahasa Indonesia untuk Kelas V di SD Negeri 060827 Medan SM Raja

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...