Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan, Volume 3 Nomor 1, Mei - Agustus 2025

Profil Kebugaran Jasmani pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Veteran Bantara Sukoharjo

Anjas Asmara Subekti (Unknown)
Rezza Adiluhung Prasetya (Unknown)
Brian Kurniawan Widianto (Unknown)
Koko Prasetyo (Unknown)
Tri Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Profil Kebugaran Jasmani Pada Mahasiswa Penjas Universitas Veteran Bantara Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei test yang bertujuan untuk mengetahui Profil Kebugaran Jasmani pada Mahasiswa Penjas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel di penelitian ini adalah menggunakan teknik random atau sampel acak. Maka dalam penelitian ini adalah mahasiswa laki-laki penjas yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yang digunakan untuk mengetahui kebugaran mahasiswa penjas. Tes dilakukan terdiri dari : Lari 60 meter, gantung angkat tubuh baring duduk 60 detik, loncat tegak, lari 1200 meter. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat ditarik kesimpulan bahwa profil kebugaran jasmani Mahasiswa Penjas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang dapat diklasifikasikan Baik sekali ada 5% atau 5 mahasiswa, berkategori baik ada 5% atau 5 mahasiswa, berkategori sedang ada 5% atau 5 mahasiswa, berkategori kurang ada 5% atau 5 mahasiswa, dan berkategori kurang sekali 0% atau tidak ada.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpcp

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan is aims to facilitate and promote the inquiry into and disseminations of research results on primary education, secondary education, higher education, teacher education, special education, adult education, non-formal education, and any new development and ...