KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Vol 5 No 1 (2025): Kamboti Journal of Education Research and Development

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Dobo pada Topik A Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh

Rumyaan, Sesilia (Unknown)
Ishabu, La Suha (Unknown)
Lengam, Rino (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Model pembelajaran discovery learning ialah metode belajar yang tidak disuguhkan konsep dalam bentuk jadi, akan tetapi peserta didik dituntut untuk menemukan konsep belajarnya secara mandiri. Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran dimana peserta didik memahami sendiri konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas Vc SD Negeri 3 Dobo dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menjelaskan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil tes awal pada kelas Vc berada pada kualifikasi gagal, hal ini membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa masih sangat minim terhadap materi bagaimana kita hidup dan bertumbuh. Proses kegiatan belajar mengajar pada kelas Vc berada pada kualifikasi baik, dimana pada tes akhir siklus I diperoleh rata-rata skor pencapaian siswa (45%). Hasil tes akhir siklus II secara klasikal tuntas dengan rata-rata skor pencapaian siswa (100%). Hal ini menunjukan bahwa semua siswa mampu memahami materi bagaimana kita hidup dan bertumbuh dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan baik sesuai dengan tahapannya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat membantu siswa untuk mencapai hasil belajar pada materi bagaimna kita hidup dan bertumbuh, karena dalam model pembelajaran ini siswa dilibatkan langsung dari awal pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi pengetahuannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kamboti

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sekilas nama Jurnal kamboti. Kamboti adalah benda berbentuk tabung yang terbuat dari anyaman daun sagu. Tabung Kamboti dibuat dengan tingkat kepadatan yang cukup tepat. Kamboti berfungsi untuk menyimpan tepung sagu yang telah disimpan dan siap diolah menjadi makanan. Jurnal Kamboti memodomi dan ...