KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Vol 5 No 1 (2025): Kamboti Journal of Education Research and Development

Kajian Literatur tentang Peran Model Challenge-Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kolaboratif

Nurgufriani, Anita (Unknown)
Adiansha, Adi Apriadi (Unknown)
Fuadi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif menjadi kompetensi penting dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Data dari berbagai institusi pendidikan menunjukkan bahwa banyak siswa belum mencapai tingkat berpikir kritis yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran model Challenge-Based Learning (CBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif melalui pendekatan kajian literatur. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis terhadap 33 artikel yang relevan dan terbit antara tahun 2016 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CBL mendorong keterlibatan aktif siswa dalam menyelesaikan masalah nyata, sehingga menstimulasi berpikir reflektif, analitis, dan logis. Di sisi lain, model ini juga memperkuat kemampuan kolaboratif melalui kerja tim, diskusi, dan pengambilan keputusan bersama. Dengan demikian, CBL terbukti efektif sebagai pendekatan pembelajaran inovatif yang dapat menjawab tantangan pendidikan modern. Integrasi model CBL sangat disarankan untuk mendukung pengembangan kompetensi kritis dan kolaboratif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kamboti

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sekilas nama Jurnal kamboti. Kamboti adalah benda berbentuk tabung yang terbuat dari anyaman daun sagu. Tabung Kamboti dibuat dengan tingkat kepadatan yang cukup tepat. Kamboti berfungsi untuk menyimpan tepung sagu yang telah disimpan dan siap diolah menjadi makanan. Jurnal Kamboti memodomi dan ...