Penelitian ini bertujuan untuk stimulasi perkembangan kognitif anak melalui media smart box usia 4-5 tahun. Latarbelakang penelitian ini adalah media yang digunakan guru dalam mengajar terkesen kurang menarik sehingga anak mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, membilang banyak benda dan mengenal geometri, oleh karena itu media ini sangat membantu mengantisipasi hal demikian. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif partisipatori yang mempelajari permasalahan yang ada serta ikut berpatisipasi atau berperan serta dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini. informan dalam penelitian ini adalah 10 anak kelompok A di TK Ceria Lombe. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media Smart Box untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak. Ada 5 kegitan yang dilakukan yaitu meronce berpola, puzzle, pengenalan pola AB-AB serta ABC-ABC, membilang lambang bilangan serta mengklasifikasi bentuk geometri. Dari lima kegiatan dapat diperoleh hasil yaitu 2 orang anak MB (mulai Berkembang), 5 anak yang BSH (berkembang sesuai harapan) dan 3 anak BSB anak (berkembang sangat baik) anak Kegiatan ini memiliki manfaat bagi anak diantaranya dapat menstimulasi perkembangan kognitif simbolik, menstimulasi perkembangan kognitif berfikir logis dan menstimulasi perkembangan kognitif pemecahan masalah bagi anak.
Copyrights © 2025