Hasil belajar siswa merupakan salah satu tolak ukur fundamental dari keberhasilan proses belajar mengajar. Hasil belajar siswa di Kurikulum Merdeka diukur melalui asesmen setiap akhir capaian pembelajaran dan akhir tujuan pembelajaran. Selain proses belajar mengajar, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor-faktor tersebut diantaranya status zat besi siswa yang baik, konsumsi nutrisi dalam tubuh siswa yang seimbang, dan tubuh siswa yang bugar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya seberapa besar kontribusi kadar hemoglobin, eating behaviour, dan tingkat kebugaran terhadap hasil asesmen sumatif PJOK siswa unggulan di Madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa dengan rentang usia 13-15 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan 4 parameter. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Spearman dikarenakan jenis data pada dua variabel berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara parsial antara kadar hemoglobin (p= 0.0036), eating behaviour (p=0.013), dan tingkat kebugaran (p=0.008) terhadap hasil asesmen sumatif PJOK siswa unggulan (p<0.05).
Copyrights © 2025