Kemajuan teknologi digital seharusnya mampu menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21, khususnya dalam bidang Biologi yang kompleks dan sering kali dianggap sulit oleh siswa. Namun, pada kenyataannya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan memahami materi karena keterbatasan media pembelajaran yang interaktif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa kelas XI SMA terhadap penggunaan modul digital interaktif berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mix-methods explanatory sequential design dengan teknik survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap modul digital berbasis AI berada pada kategori sangat baik, terutama dalam aspek kebermanfaatan materi. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi AI dalam modul digital berpotensi memberikan transformasi positif dalam pengalaman belajar Biologi di tingkat sekolah menengah. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran Biologi melalui modul digital memiliki potensi besar dalam mendukung transformasi pembelajaran yang lebih inovatif dan personalisasi
Copyrights © 2025