JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 2, No 3 (2025): Juli 2025

Identifikasi Jenis Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri Pojok Sleman Yogyakarta

Amien, Muhammad (Unknown)
Afriani, Niken Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi jenis anak berkebutuhan khusus yang sesunguhnya yang ada di lapangan secara fakta ataupun apa adanya di SD N Pojok, Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah 16 peserta ABK, 1 kepala sekolah, dan 1 guru khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh akan dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis anak berkebutuhan khusus di SD N Pojok, Sleman Yogykarta terdapat ada 3 jenis yaitu, 1) ABK Slow Leaner, 2) Hyper Aktif dan. 3) Retradasi Mental Sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

JPK: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan memuat hasil belajar dan pembelajaran, kajian konseptual dan hasil penelitian tentang Pendidikan dan Kebudayaan yang ada Sekolah dan Masyarakat pada umumnya yang dapat memberikan khasanah keilmuan. Jurnal ini terbit 4 kali dalam 1 tahun. Journal Title : JPK: ...