Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar siswa SMK

Dewi, Indah Karisma (Unknown)
Swaramarinda, Darma Rika (Unknown)
Febriantina, Susan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Manajemen Perkantoran di SMKN 12 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Manajemen Perkantoran SMK Negeri 12 Jakarta yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel mengunakan proportionate stratified random sampling dengan rumus Yamane dengan tingkat kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel berjumlah 105 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 25.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar siswa, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa, dan (4) terdapat pengaruh secara bersama-sama antara disiplin belajar, lingkungan keluarga, dan fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...