Kewirausahaan merupakan salah satu pilar penting dalam pengembangan ekonomi, terutama bagi generasi muda yang memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan berkontribusi pada perekonomian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Kewirausahaan (X1) dan Keterampilan Berwirausaha (X2) Terhadap Keberhasilan Usaha (Y) Siswa SMK Negeri 8 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis statistik untuk menguji hipotesis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer, yang dikumpulkan langsung oleh peneliti dengan mendistribusikan kuesioner kepada responden melalui google forms menggunakan skala Likert 1-5, lalu hasilnya dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Jakarta yang berjumlah 360 siswa. Dalam pengambilan sampel penelitian, purposive sampling dan proportionate stratified random sampling akan digunakan secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen untuk mengevaluasi validitas dan reliabilitas merupakan langkah awal dalam penelitian ini. Selain itu, dilakukan analisis statistik deskriptif (mean, mode, range), uji normalitas dan linearitas, uji asumsi klasik terdiri dari uji heteroskedastisitas dan multikolinearitas, dan uji F, T, dan koefisien determinasi R2. Berdasarkan perhitungan uji analisis tersebut, hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan (X1) terhadap keberhasilan usaha (Y). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan berwirausaha (X2) terhadap keberhasilan usaha (Y). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan (X1) dan keterampilan berwirausaha (X2) secara simultan terhadap keberhasilan usaha (Y).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025