Kesulitan mahasiswa dalam memahami materi alkana tidak dapat diatasi dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum sintesis alkana dengan menggunakan kayu manis berbasis bahan alam melalui model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada materi alkana di STIKes Har-Kausyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasi Experiment Design dengan menguji kemampuan subyek mahasiswa melalui pretest dan posttest control design. Hasil analisis data menggunakan uji âtâ diperoleh nilai thitung = 31,62 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan = 0,05 (dk=48) adalah 1,67, maka nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif metode praktikum melalui model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada materi alkana di STIKes Har-Kausyar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025