Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Metode Praktikum Sintesis Alkana Menggunakan Kayu Manis Berbasis Bahan Alam Melalui Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa di STIKes Har-Kausyar

Lestari, Oktri (Unknown)
Utami, Ayu Dwi (Unknown)
Wahyuni, Lila (Unknown)
Priyanda, Elza Rachman Panca (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Kesulitan mahasiswa dalam memahami materi alkana tidak dapat diatasi dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum sintesis alkana dengan menggunakan kayu manis berbasis bahan alam melalui model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada materi alkana di STIKes Har-Kausyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasi Experiment Design dengan menguji kemampuan subyek mahasiswa melalui pretest dan posttest control design. Hasil analisis data menggunakan uji “t” diperoleh nilai thitung = 31,62 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan = 0,05 (dk=48) adalah 1,67, maka nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif metode praktikum melalui model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa pada materi alkana di STIKes Har-Kausyar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...