Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi SMAN 14 Jakarta)

Hernawati, Hernawati (Unknown)
Hadiyanto, Andy (Unknown)
Amaliyah, Amaliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 14 Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis melalui triangulasi sumber dan metode, serta tahapan transkripsi data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI berperan dalam menginternalisasi nilai-nilai multikultural, terutama dalam penguatan sikap toleransi dan empati siswa. Nilai-nilai tersebut diintegrasikan melalui Kurikulum Merdeka Belajar dalam konten materi ajar serta didukung oleh praktik pembiasaan seperti infak rutin di setiap jam pelajaran. Meskipun demikian, kontribusi integrasi nilai multikultural dalam pembelajaran PAI cenderung masih berfokus pada aspek kognitif siswa, sehingga diperlukan penguatan lebih lanjut pada aspek afektif dan praksis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...